Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 Februari 2015

RANGKUMAN PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI



 Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak dalam kehidupan masyarakat.
 Sejak diketemukannya komputer pada tahun 1955, peradaban dunia telah memasuki era informasi.
            Dibidang akuntansi, sistem pemrosesan informasi akuntansi berbasis computer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, relevan, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji.


            Dalam era bisnis global, pengaruh kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi, seperti penggunaan telepon, faksimili, komputer, dan satelit dalam berbagai aktivitas sarana berkomunikasi perusahaan.
            Manajemen organisasi harus tanggap pada perubahan lingkungan ini jika ingin
organisasinya tetap dapat bertahan dan meningkat kinerjanya. Manajemen organisasi juga harus sensitif terhadap pengaruh perkembangan teknologi yang mencakup informasi, peralatan teknik dan proses dalam mengubah input menjadi output.
PEMBAHASAN

Pengantar Teknologi informasi dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
Teknologi
Dalam sejarah peradaban kehidupannya, manusia sebagai makhluk yang berakal senantiasa berusaha  mendapatkan taraf hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dalam proses pencapaian hal tersebut, manusia memanfaatkan kemampuan akal yang dimilikinya. Dengan usaha dan pengalaman yang ada, manusia mendapatkan/menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan (knowledge).

Setelah mempunyai ilmu pengetahuan manusia pun berusaha untuk menerapkan ilmu pengetahuan tersebut menjadi sesuatu yang nyata. Sesuatu yang berfungsi untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya. Itulah teknologi. Teknologi merupakan sebuah hasil dari penerapan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam menjalani kehidupannya.

Informasi
Informasi erat kaitannya dengan kejadian, fakta, dan objek yang dapat dideskripsikan. Informasi sendiri dapat diartikan sebagai suatu hasil pengolahan data menjadi lebih bermakna. Sebagai contoh, rangkaian data yang didapatkan oleh wartawan stasiun televisi akan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi informasi yang bermakna. Informasi tersebut selanjutnya akan disebarluaskan oleh reporter melalui siaran berita. Abad 21 yang sedang kita jalani ini merupakan era informasi. Disebut sebagai era informasi dikarenakan informasi begitu banyak dan semakin mudah untuk didapatkan.

Perlunya Teknologi Informasi, karena:
•        Kompleksitas tugas manajemen
•        Pengaruh gLobalisasi
•        Perlunya response time cepat
•        Tekanan persaingan bisnis


Sistem Informasi
•        Pengertian : sistem yang menggunakan
teknologi komputer untuk mengumpulkan,
memproses, menyimpan, menganalisis dan
menyebarkan informasi.


Perlunya Teknologi Informasi, karena:
•        Kompleksitas tugas manajemen
•        Pengaruh gLobalisasi
•        Perlunya response time cepat
•        Tekanan persaingan bisnis

Sistem Informasi
Pengertian : sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About